pengertian dan manfaat propolis

Propolis, Definisi dan Manfaat

Lebah adalah hewan kecil yang mampu menghasilkan madu. Namun, lebah juga menghasilkan senyawa lain yang dinamakan propolis. Lantas apa definisi propolis dan manfaatnya bagi kesehatan tubuh?

Definisi Propolis

Propolis ini juga hampir sama dengan madu, kandungannya mampu mengobati dan menyehatkan tubuh. Tekstur propolis lengket seperti getah. Propolis juga mengandung banyak sekali senyawa yang mampu mengatasi kerusakan organ tubuh.

Seperti halnya madu, propolis yang dihasilkan oleh lebah juga memiliki kandungan zat yang bermanfaat bagi tubuh. Pada lebah, propolis ini dipergunakan untuk memperbaiki celah pada sarang yang rusak.

Propolis adalah sejenis getah yang dihasilkan oleh lebah madu dengan cara mengumpulkannya dari beberapa jenis pohon, aliran getah, dan juga sumber botani lain. Propolis memiliki warna coklat kehijauan dan lengket. Kegunaan getah ini adalah sebagai cairan yang digunakan oleh lebah untuk memperbaiki celah pada sarangnya.

Walaupun hanya getah, namun propolis memiliki manfaat yang hampir sama dengan madu lebah. Kandungan senyawa yang ada di dalamnya mencapai lebih dari 300 senyawa kimia. Untuk senyawa yang paling banyak adalah polifenol. Fungsi dari senyawa ini adalah sebagai antioksidan yang dapat mengatasi kerusakan tubuh dan menyembuhkan penyakit.

Manfaat Propolis

1. Menyamarkan Luka

Beberapa penelitian menjelaskan bahwa propolis ini ampuh untuk menyamarkan luka. Propolis mengandung zat antiseptik alami, sehingga mampu membantu proses penyembuhan luka menjadi lebih cepat. Apabila ada luka pada tubuh bisa dioleskan menggunakan propolis dan luka akan kering dalam waktu singkat.

Baca juga: Manfaat Jeruk Nipis dan Madu

2. Mengatasi Jerawat

Memiliki keluhan jerawat di wajah yang cukup mengganggu, cukup gunakan propolis. Kandungan zat di dalamnya mampu membunuh bakteri penyebab jerawat. Terdapat juga antiseptik alami untuk meredakan jerawat yang meradang serta iritasi pada kulit. Propolis juga akan membantu mengembalikan lapisan kulit rusak karena jerawat.

3. Anti Inflamasi dan Antioksidan

Propolis memberikan efek anti inflamasi dan antioksidan. Kedua zat tersebut akan membantu untuk meningkatkan imunitas tubuh. Propolis juga mengandung antibiotik alami yang aman dikonsumsi agar kesehatan lebih terjaga.

4. Mengurangi Sakit setelah Operasi Mulut

Tidak hanya sebagai obat oles, propolis juga bisa digunakan sebagai obat kumur. Cara ini akan membantu mempercepat penyembuhan pada pasien yang menjalankan operasi mulut. Kandungan zat didalamnya mampu mengurangi rasa sakit. Larutkan beberapa tetes propolis dengan air hangat untuk berkumur.

5. Menyembuhkan Herpes Genital

Penyakit herpes genital disebabkan oleh virus herpes simpleks tipe 2. Kebanyakan penyakit ini disembuhkan menggunakan obat oles seperti acyclovir. Namun ada juga cara alami dengan menggunakan propolis. Cara ini terbukti lebih cepat proses penyembuhannya.

6. Mencegah Perkembangan Dari Sel Kanker

Salah satu manfaat propolis yang paling banyak mendapat perhatian masyarakat ialah kegunaannya yang dapat mencegah perkembangan sel kanker. Hal tersebut sudah terbukti dan telah diuji oleh para ahli. Mereka mengatakan bahwa propolis bisa menjadi obat herbal anti kanker secara alami.

Tidak hanya itu saja, propolis juga dapat berfungsi untuk memblokir jalur dari penyebaran sel kanker supaya tak semakin meluas. Dengan kata lain, propolis ini bisa Anda gunakan sebagai obat pendamping kanker supaya proses penyembuhannya dapat berjalan secara maksimal.

7. Dapat Mengobati Penyakit Demam Berdarah

Selain digunakan sebagai obat pendamping kanker, propolis seringkali dikaitkan sebagai bahan untuk mengembalikan daya tahan tubuh dari virus corona. Namun, tak dapat dipungkiri bahwa propolis juga bisa mempercepat penyembuhan dari penyakit demam berdarah.

Hal tersebut tentu saja sudah diuji oleh para ahli khusus, mereka mengatakan bahwa hasil yang sudah diteliti ekstrak propolis tersebut ampuh dalam membantu untuk meningkatkan jumlah trombosit serta juga bisa mempercepat proses penyembuhan dari penyakit demam berdarah. Seringkali propolis akan digunakan sebagai terapi tambahan.

8. Mencegah Penularan Virus Serta Bakteri

Propolis juga dikenal dapat mencegah penularan penyakit yang seringkali disebabkan oleh virus dan bakteri. Hal tersebut dibuktikan dari adanya kandungan senyawa kimia yang terdapat di dalam bahan propolis. Tentu saja manfaatnya sangat berkhasiat sebagai bahan obat sekaligus vitamin daya tahan tubuh.

Dengan adanya kandungan zat antioksidan, anti inflamasi, anti kanker serta kandungan lainnya membuat propolis tersebut seringkali dijadikan bahan untuk menangkal penyakit yang disebabkan oleh virus dan bakteri atau bahkan jamur. Tak hanya itu saja, propolis dapat menyembuhkan TBC.

9. Dapat Mengatasi Penyakit Diabetes

Selain itu, propolis juga dapat menyembuhkan penyakit diabetes. Hal tersebut telah mendapatkan bukti dari seorang ahli, mereka meneliti bahwa propolis mempunyai aktivitas hipoglikemik serta memiliki berbagai macam efek yang positif untuk komplikasi penyakit diabetes tersebut.

Penelitian tersebut juga menunjukkan hasilnya bahwa dengan mengonsumsi propolis untuk penderita penyakit diabetes, maka akan sangat efektif untuk mengontrol kadar gula di dalam darah serta bisa memengaruhi dan meningkatkan resistensi kadar insulin. Jadi, sangat cocok dikonsumsi rutin.

10. Memerhatikan Efek Samping Propolis

Tidak dapat dipungkiri memang jika propolis memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh. Namun, ada kalanya setiap bahan alami atau obat tertentu pasti memiliki sedikitnya efek samping. Sama halnya seperti propolis ini, biasanya akan muncul reaksi alergi di bagian tubuh tertentu.

Bila Anda mempunyai alergi terhadap reaksi madu, serbuk sari maupun beeswax dianjurkan untuk menghindari penggunaan herbal propolis ini. Dikarenakan setiap orang pastilah memiliki tingkat alergi yang berbeda-beda, jadi efek sampingnya juga pasti akan berbeda pula. Berhati-hatilah sebelum mengonsumsi propolis tersebut.

Uraian tentang propolis, definisi, dan manfaat adalah metode baru penyembuhan. Lebah memang hewan yang luar biasa. Selain sebagai penghasil madu, lebah juga menghasilkan propolis. Kedua zat ini sama-sama sangat berguna untuk menjaga kesehatan tubuh hingga menyembuhkan beberapa jenis penyakit.

× Info Pemesanan