10 Perbedaan Madu Asli dan Palsu

Madu yang memiliki banyak manfaat adalah madu murni. Sayangnya, saat ini banyak madu yang sudah diberi campuran. Oleh sebab itu, sebelum membeli Anda wajib mengetahui perbedaan madu asli dan palsu.

Untuk memperoleh manfaat madu yang sangat berlimpah, Anda harus membelinya di tempat yang sudah terpercaya. Jika tidak, pastikan untuk mengetahui perbedaan madu asli dengan yang palsu seperti berikut ini.

1. Perbedaan dari Baunya

Jika memiliki indera penciuman yang tajam, membedakan madu asli dan palsu bisa dengan menghirup aromanya. Jika ada bau seperti rumput atau bunga, itu menandakan keaslian madu. Sementara madu palsu biasanya hanya berbau manis saja.

2. Perbedaan dari Rasanya

Madu asli memiliki rasa yang manis namun tidak tersisa di lidah karena sifatnya yang alami. Jika madu yang diminum masih menyisakan rasa manis yang lengket di lidah, kemungkinan besar ada campuran pemanis di dalamnya.

3. Perbedaan Warnanya

Madu asli memiliki warna yang jauh lebih keruh dibandingkan madu palsu. Bahkan karena diambil langsung dari sarangnya, biasanya ditemukan sisa-sisa bagian tubuh lebah yang sangat kecil.

Ada jenis madu yang warnanya hitam, madu hitam ini berasal dari lebah yang menyedot nektar bunga mahoni. Manfaat madu hitam diantaranya adalah untuk menurunkan gula darah.

4. Sifat Kekentalannya

Madu asli memiliki tekstur yang sangat kental sehingga sulit bergerak saat dikocok. Selain itu, ketika madu diletakkan di atas kertas, akan sulit merembes karena terlalu kental. Ini jauh berbeda dengan madu campuran yang mudah merembes.

5. Madu Ketika Mengalir

Madu asli bisa mengalir tanpa putus-putus saat dicoba dengan sendok. Ini karena tidak ada campuran air yang bersifat encer di dalamnya.

Salah satu ciri dari perbedaan antara madu yang palsu dengan aslinya ialah, saat Anda mencoba untuk mengangkatnya, madunya mengalir ke bawah dengan lancar. Bila madu mengalir tanpa putus atau membentuk seperti gumpalan hingga ke bagian bawah berarti itu pertanda madunya asli.

Baik madu yang asli atau palsu namun tidak berkualitas maka akan mengalir secara terputus-putus. Madu premium akan mempunyai kandungan air paling tidak kurang dari 18%, sehingga untuk masa simpannya cukup panjang. Jadi, untuk memastikannya coba Anda balik botolnya jika gelembung udara dalam madunya naik berarti kandungan air lebih banyak.

6. Reaksinya dengan Air

Perbedaan madu asli dan palsu yang cukup unik bagi sebagian orang adalah reaksinya dengan air. Saat madu asli diletakkan dalam piring dan disiram air, maka saat air dibuang, sisa madu akan membentuk hexagonal atau seperti sarang lebah.

7. Kemampuan Larut dalam Air

Karena tidak mengandung campuran air, madu asli akan sulit larut. Bahkan madu justru jatuh hingga ke dasar air.

8. Reaksinya dengan Api

Madu asli tidak memiliki kelembaban yang tinggi seperti air, sehingga bisa terbakar walaupun sebentar. Sementara madu yang palsu sama sekali tidak bisa dibakar karena mengandung air dan gula.

9. Reaksinya dengan Panas

Madu asli ketika dipanaskan tidak akan mengeluarkan buih. Sementara madu palsu yang dipanaskan, cenderung mengeluarkan banyak buih dari campuran gula dan air di dalamnya.

10. Reaksi dengan Asam Cuka

Madu asli tidak akan menimbulkan reaksi saat dicampur cuka. Sedangkan madu palsu mudah berbusa karena bereaksi dengan kadar asam yang tinggi.

11. Teksturnya

Perbedaan madu asli dan palsu yang paling mudah dicoba sebelum membeli produk adalah dengan mencoba teksturnya. Madu yang asli tidak akan terasa lengket di kulit. Jika tangan terasa lengket saat menyentuh madu, bisa dipastikan banyak gula tercampur di dalamnya.

12. Tidak Berbuih Bila Dipanaskan

Kemudian madu asli bisa Anda coba uji dengan cara memanaskannya. Bila saat dipanaskan, madu yang asli akan berkaramelisasi cukup cepat dan hasilnya tak akan berbuih. Beda halnya dengan madu palsu, jika terkena air panas pun dia akan cepat berbuih. Jadi, harus hati-hati dalam menguji.

Busa tersebut biasanya muncul di madu palsu dikarenakan adanya tambahan kelembapan, air serta gula yang berlebihan. Jadi, pastikan Anda membeli madu berasal dari tempat aslinya atau pabrik maupun tempat yang memang menyediakan khusus madu asli. Sehingga tak perlu khawatir palsu.

13. Mengetes dengan Roti

Mengetahui beberapa hal terkait madu asli atau tidak, sebenarnya ada banyak cara yang bisa Anda lakukan. Hal ini biasanya paling mudah untuk dilakukan dan seringkali masyarakat uji coba untuk bisa mengetahui keaslian dari madu tersebut. Salah satunya adalah mengetesnya dengan roti.

Coba Anda oleskan madu yang sudah dibeli tersebut kek selembar roti tawar. Bila madu tersebut asli, maka roti akan bertekstur keras hanya dalam beberapa menit saja. Namun, kebalikannya jika madunya palsu, roti tawar tersebut akan menjadi basah. Jadi, perhatikan baik-baik perubahannya.

14. Mengetes dengan Tes Daya Serap

Selanjutnya, Anda masih bisa melakukan cara lain untuk dapat mengetes madu yang sudah dibeli tersebut asli atau pun palsu. Pastikan untuk perhatikan baik-baik bagaimana perubahaan dari madunya, jika memang terbukti palsu maka tak perlu lanjut dikonsumsi karena berbahaya.

Salah satu cara yang bisa dilakukan untuk menguji madu tersebut asli atau tidak ialah mengetesnya dengan tes daya serap. Cobalah untuk meneteskan madu tersebut ke kertas minyak, jika asli maka tak akan mudah terserap. Berbeda dengan yang palsu, madu itu akan terserap dengan cepat.

15. Mengetes Melalui Kejernihannya

Madu yang palsu akan tampak lebih bersih, beda lagi madu asli justru lebih keruh. Hal tersebut bukan karena kotor, akan tetapi madu tersebut memiliki kandungan pollen atau terkadang ada bagian dari tubuh lebah yang ikut masuk dalam madu.

Namun, ingat bukan berarti madu yang jernih merupakan madu oplosan. Biasanya madu yang asli ini akan dipanaskan atau bahkan disaring selama beberapa kali dengan tujuan agar menghasilkan madu yang lebih bersih dan juga tahan lama.

Walaupun banyak cara membedakan madu asli dan palsu, namun agar lebih aman dan praktis Anda bisa membeli madu langsung di tempat produksinya. Dengan begitu, madu sudah terjamin asli dan tidak perlu repot melakukan pengecekan.

Leave a Comment

× Info Pemesanan