ciri ciri madu asli

Ciri-Ciri Madu Asli

Manfaat madu memang sudah tidak diragukan lagi, baik untuk kesehatan badan maupun perawatan kecantikan. Namun, tahukah Anda bagaimana ciri-ciri madu asli?

Banyaknya khasiat dan tingginya minat masyarakat terhadap madu membuat beberapa oknum berusaha memalsukan madu untuk meraup untung berlipat. Untuk mengetahui bagaimana ciri madu yang asli, Anda bisa menyimak penjelasannya berikut ini:

Ciri-ciri Madu Asli

Alih-alih menyehatkan badan, madu palsu yang sudah dicampur dengan bahan tambahan lainnya justru bisa menimbulkan penyakit. Untuk itu, Anda harus lebih teliti dan jeli dalam memiliki madu dengan memahami bagaimana ciri-ciri madu asli seperti berikut ini:

1. Madu Asli Sangat Kental

Cara mengetahui mana madu yang asli dan madu yang palsu, Anda bisa mencoba menggoyangkan botolnya. Apabila madu bergerak sangat lambat karena teksturnya yang sangat kental, maka madu tersebut asli/murni dan belum diberi campuran apapun.

Namun, jika madu bisa bergerak dengan cepat dan terlihat lebih cair, maka kemungkinan besar madu tersebut adalah madu palsu yang sudah diberi tambahan sirup gula dan tambahan lainnya.

Baca Juga: Madu Asli Lampung

2. Madu Asli Mengalir Lancar Tanpa Putus

Cara lain untuk mengetahui ciri-ciri madu yang asli yaitu dengan menuangkan madu ke permukaan yang datar di suhu ruangan. Ambil satu sendok makan madu, kemudian tuangkan madu perlahan-lahan.

Apabila madu mengalir tanpa putus dan membentuk sebuah gumpalan dengan lapisan yang langsung hilang, maka madu tersebut adalah asli atau murni tanpa campuran. Namun, jika madu tersebut adalah madu oplosan atau palsu, maka akan mengalir putus-putus.

Hal ini dikarenakan madu palsu atau madu oplosan biasanya sudah mengandung air sekitar 20%. Madu murni biasanya akan memiliki masa simpan yang lebih panjang dibandingkan madu palsu.

Apabila Anda ingin membandingkan kadar air dalam madu asli dan palsu, Anda bisa membalikkan botolnya. Jika gelembung udara yang terdapat pada madu dapat naik dengan cepat, berarti madu tersebut palsu karena mengandung air yang banyak.

3. Madu Asli Sulit Larut

Madu yang asli biasanya akan sulit larut ketika dituangkan ke dalam air dan akan mengendap di bagian dasar gelas. Sementara itu, madu yang palsu biasanya akan cepat menyatu dengan air karena teksturnya yang tidak sekental madu asli.

4. Madu Asli Tidak Lengket

Meskipun teksturnya kental, madu yang asli tidak lengket saat dipegang dan meresap ke dalam kulit. Sementara itu, madu palsu biasanya cenderung lebih lengket karena mengandung campuran bahan lainnya sirup gula, tepung, pati, sirup jagung, dan bahan tambahan lain.

5. Madu Asli Tampak Keruh

Jika dilihat secara fisik, ciri-ciri madu asli dan palsu cukup mudah dibedakan. Madu asli biasanya akan terlihat lebih keruh karena adanya kandungan pollen dan kadang ada juga bagian tubuh lebah yang ikut diproses.

Sementara itu, madu palsu biasanya akan terlihat lebih jernih, meskipun tidak semua. Beberapa oknum nakal membuat warna madu asli dan palsu terlihat sangat mirip, sehingga cukup sulit dibedakan.

Baca Juga: Madu Asli Jambi

6. Madu Asli Disukai Semut

Madu yang asli akan memiliki rasa manis yang ringan dan tidak tertinggal lama di lidah, karena tidak diberi bahan pemanis tambahan. Madu asli memiliki warna gelap yang menunjukkan pH dan kaya mineral, seperti zat besi, potasium, klorin, mangan, sodium, magnesium, dan sulfur.

Sebagian orang berpendapat bahwa madu yang asli tidak akan dikerubungi semut. Namun, banyak pakar menyatakan bahwa madu yang asli biasanya lebih disukai semut karena semut tidak menyukai bahan-bahan pemanis buatan.

Dari penjelasan di atas, Anda semakin paham mengenaiciri-ciri madu asli dan palsu, bukan? Meskipun mirip, madu palsu tidak memiliki kandungan pollen, propolis, dan senyawa penting lainnya yang terkandung dalam madu asli, sehingga menjadi tidak bermanfaat bagi kesehatan.

× Info Pemesanan