Cara Membuat Masker Madu

Sudah bukan hal baru lagi bahwa madu menjadi bahan andalan untuk perawatan kecantikan mulai perawatan rambut hingga kulit. Cara membuat masker madu juga sangat mudah dan bisa diaplikasikan ke semua jenis kulit.

Cara membuat masker madu ada bermacam-macam cara, seperti dengan oatmeal dan madu, masker kopi dan madu, masker teh hijau dan madu, masker putih telur dan madu.

Kandungan antimikroba, dan anti inflamasi pada madu dipercaya mampu mencerahkan dan mengatasi jerawat. Simak penjelasan berikut untuk mengetahui 4 cara membuat masker dari madu:  

Cara Membuat Masker Madu untuk Semua Jenis Kulit

1. Masker Madu dan Susu untuk Mencerahkan Wajah

Senyawa yang terkandung di dalam madu dipercaya mampu menjadikan kulit wajah menjadi lebih kenyal, lembab, dan sehat. Agar lebih efektif dalam mencerahkan kulit wajah, Anda bisa menggunakan susu bubuk yang mengandung lactic acid.

Bahan yang diperlukan untuk membuat masker madu yaitu satu sendok makan madu murni dan satu sendok teh susu bubuk full cream. Cara membuat masker madu dengan campuran susu sangat mudah, berikut langkah-langkahnya:

  • Masukkan madu dan susu bubuk ke dalam wadah atau mangkok plastik ukuran kecil, kemudian campur hingga merata.
  • Oleskan ke seluruh bagian wajah menggunakan kuas masker.
  • Diamkan masker madu selama kurang lebih 15 menit hingga kering dan mengeras.
  • Bilas wajah menggunakan air hingga bersih, kemudian keringkan wajah menggunakan handuk bersih dengan cara ditepuk-tepukkan saja.

Baca Juga: Cara Membuat Masker Kopi dan Madu

2. Masker Madu dan Pisang untuk Melembabkan Kulit yang Kering

Kombinasi antara madu dan buah pisang dapat membantu menjaga kelembaban alami kulit. Bagi Anda yang memiliki kulit wajah kering, masker ini dapat membantu membuat kulit Anda menjadi lebih lembab dan sehat.

Bahan yang perlu dipersiapkan yaitu satu sendok makan madu murni dan setengah buah pisang yang sudah matang. Cara membuat masker dari pisang dan madu sangat mudah yaitu sebagai berikut ini:

  • Haluskan buah pisang menggunakan garpu, kemudian campurkan satu sendok makan madu murni.
  • Aduk hingga tercampur rata dan oleskan masker ke seluruh wajah hingga leher.
  • Diamkan sekitar 10 sampai 15 menit, lalu bilas wajah menggunakan air dingin.
  • Keringkan wajah menggunakan handuk kering dengan cara ditepuk-tepukkan saja.

3. Masker Madu dan Jeruk Nipis untuk Mengatasi Jerawat

Bagi yang memiliki kulit berminyak dan berjerawat, Anda bisa menggunakan masker madu dengan perasan jeruk nipis untuk mengatasinya. Kandungan madu yang bersifat antiseptik dan antibakteri dapat membantu meringankan luka dan jerawat yang meradang.

Anda cukup menyiapkan bahan berupa satu sendok makan madu murni dan satu sendok teh perasan jeruk nipis. Berikut ini langkah-langkah untuk membuat masker madu untuk kulit yang berjerawat:

  • Masukkan madu dan air perasan jeruk nipis ke dalam wadah, kemudian campur hingga menjadi pasta.
  • Oleskan pasta ke seluruh bagian wajah, lalu diamkan selama kurang lebih 15 menit.
  • Bilas wajah hingga bersih menggunakan air dingin dan keringkan dengan handuk dengan cara ditepuk-tepukkan saja.

Baca Juga: Manfaat Bawang Putih dan Madu

4. Masker Madu dan Kunyit untuk Memudarkan Bekas Jerawat

Bekas jerawat memang sangat mengganggu penampilan, bukan? Untuk memudarkan bekasnya, Anda bisa menggunakan masker wajah dari campuran madu dan kunyit.

Kandungan kolagen dalam kunyit memiliki peranan penting untuk membentuk dan memperbaiki jaringan kulit, sehingga dapat menyamarkan bekas jerawat dan membuat kulit wajah lebih glowing. Cara untuk membuat masker madu dan kunyit juga sangat mudah yaitu sebagai berikut ini:

  • Siapkan 4 sendok teh kunyit bubuk, 4 sendok teh madu murni, dan 2 sendok teh susu cair.
  • Campurkan semua bahan ke dalam wadah, lalu aduk adonan masker hingga tercampur rata.
  • Oleskan masker ke seluruh bagian wajah atau bagian wajah yang terdapat bekas jerawat.
  • Diamkan selama kurang lebih 10 sampai 15 menit, kemudian bilas menggunakan air dingin dan tepuk-tepukkan handuk ke bagian wajah hingga kering.

Keempat cara membuat masker madu di atas dapat Anda praktekkan. Untuk hasil maksimal, Anda bisa melakukannya secara rutin, karena kandungan madu dan campuran bahan-bahan alami lainnya yang tidak bisa bekerja secara instan.

×

Powered by WhatsApp Chat

× Info Pemesanan