Cara Konsumsi Madu untuk Menggemukkan Badan

Manfaat madu ini banyak sekali dan bukan hanya untuk menurunkan berat badan saja, tapi madu juga bisa dikonsumsi untuk menaikkan berat badan. Cara konsumsi madu untuk menaikkan berat badan ini tetap harus dilakukan dengan tepat.

Banyak orang yang sengaja mengkonsumsi madu, untuk membuat tubuh mereka gemuk dengan cara yang alami. Madu bisa meningkatkan berat badan, karena jumlah kalorinya cukup tinggi.

Nutrisi serta Manfaat yang Baik dari Madu

Nutrisi yang terkandung pada setiap madu berbeda-beda, dan hal itu bergantung pada kualitas madu itu sendiri. Pada umumnya, terdapat 64 kalori yang ada pada satu sendok madu atau sekitar 21 gr madu.

Jumlah tersebut termasuk tinggi kalori jika dibandingkan dengan satu sendok gula pasir yang jumlahnya hanya 49 kalori saja. Selain itu, asupan lemak, protein, dan juga serat yang terkandung pada madu ini jumlahnya minim.

Kandungan lainnya yang terdapat pada madu ini di antaranya yaitu zinc, kalium, dan juga zat besi dalam jumlah yang sedikit. Untuk memenuhi asupan gizi setiap hari, jumlah kandungan tersebut terbilang kurang karena jumlahnya kurang dari 1%.

Untuk jenis-jenis madu yang kualitasnya tinggi, kandungan antioksidannya juga terbilang tinggi. Sama halnya dengan kandungan flavonoid dan asam fenolik. Kandungan itulah yang membuat madu berkhasiat dalam mencegah berbagai penyakit kronis seperti jantung, diabetes, dan juga kanker.

Baca Juga: Cara Budidaya Lebah Madu

Apakah Madu Mampu Menaikkan Berat Badan?

Pertanyaan ini sering dilontarkan oleh banyak orang, apakah madu memang bisa menaikkan berat badan seseorang. Madu memang mengandung banyak gula dan kalori yang jumlahnya cukup tinggi.

Jumlah kalori dari 1 sendok madu yang berjumlah 64 kalori ini jika dikonsumsi setiap hari, maka kalori akan menumpuk di dalam tubuh. Penumpukan kalori itulah yang bisa membuat tubuh menjadi gemuk atau berat badan meningkat.

Apalagi jika pola makan dan pola tidur Anda tidak teratur, maka terdapat tambahan kalori ekstra dari madu tersebut. Hal ini harus dihindari karena naik berat badan tapi tidak sehat, tentu bisa menimbulkan segala penyakit yang berbahaya.

Kandungan gula berlebih yang terkandung di dalam madu, juga bisa membuat gula darah meningkat dan membuat rasa lapar terus bertambah. Jika hal ini terjadi secara terus menerus maka Anda bisa mengalami kenaikan berat badan, tetapi tidak seimbang dengan kondisi kesehatan.

Konsumsi gula berlebih juga bisa menimbulkan segala penyakit berbahaya, seperti penyakit jantung, obesitas, hati, peradangan, hingga resistensi insulin.

Baca Juga: Cara Membuat Masker Kopi dan Madu

Cara Konsumsi Madu untuk Menggemukkan atau Menaikkan Berat Badan dengan Tepat

Jika konsumsi madu berlebih bisa membuat gula darah naik dan kalori menumpuk, lalu bagaimana caranya supaya konsumsi madu ini bisa membuat berat badan naik tapi dengan kondisi sehat. Maka Anda bisa mengkonsumsinya dalam jumlah yang cukup saja dan tidak boleh berlebihan.

Hal itu dilakukan untuk meminimalisir asupan gula dan kalori yang jumlahnya berlebihan. Bagi Anda yang kondisi tubuhnya sehat, bisa konsumsi gula tambahan dari madu sebanyak 150 kalori per harinya. Hal itu berlaku bagi pria, sedangkan bagi wanita maksimal 100 kalori saja setiap harinya.

Maka pria bisa konsumsi 2 1/3 sendok madu setiap harinya dan wanita hanya boleh konsumsi 1,5 sendok madu per hari. Cara konsumsi madu bagi pria dan wanita yang sangat tepat, porsinya juga pas dan tidak berlebihan.

Jika Anda ingin menaikkan berat badan dengan konsumsi madu, bisa dikombinasikan dengan konsumsi asupan bernutrisi sekitar 500 kalori setiap harinya. Misalnya kacang-kacangan, daging tanpa lemak, biji-bijian, dan sebagainya.

× Info Pemesanan