Cara Konsumsi Madu untuk Asam Lambung

Madu bisa dijadikan obat untuk berbagai penyakit. Salah satunya untuk asam lambung. Ada cara konsumsi madu untuk asam lambung yang secara khusus dilakukan. Jika dikonsumsi rutin, asam lambung bisa teratasi.

Beberapa Cara Konsumsi Madu untuk Asam Lambung

Para penderita asam lambung, memang diharuskan untuk berhati-hati saat konsumsi apapun. Termasuk untuk konsumsi madu, ada cara-cara yang harus diperhatikan dengan baik. Konsumsi dengan kadar tidak teratur, berpotensi membahayakan lambung.

1. Pemilihan Jenis Madu

Bagi para penderita asam lambung, pemilihan jenis madu yang akan dikonsumsi sangatlah penting. Menurut beberapa pakar ilmuan kesehatan, sebaiknya jenis madu yang dikonsumsi untuk meredakan asam lambung adalah madu yang bertekstur sangat kental. Anda bisa menemukan beragam jenis madu yang memiliki tekstur kental. Salah satunya adalah madu randu.

Baca Juga: Cara Konsumsi Madu untuk Menggemukkan Badan

2. Memperhatikan Dosis

Dosis normal madu yang bisa dikonsumsi oleh penderita asam lambung ini, kurang lebih 1 sendok teh. Dosis ini sesuai dengan hasil penelitian heartburn. Setelah mengkonsumsi madu dengan kadar dosis ini, penderita asam lambung akan merasa lebih lega dan tidak merasakan perih pada perutnya.

3. Mencampur dengan Air Hangat

Takaran madu satu sendok teh yang bisa dikonsumsi secara langsung, memang berpotensi menenangkan kondisi lambung. Namun pada beberapa situasi kesehatan penderita, meminum madu tanpa campuran apapun masih dirasa kurang berefek.

Jika Anda adalah termasuk salah satu orang dengan situasi ini, maka Anda bisa mencoba mencampurkan satu sendok teh madu dengan satu gelas air hangat. Cara ini dipercaya bisa membantu kinerja madu dalam mengatasi asam lambung yang sedang naik.

Pastikan Anda mencampurkan dengan air hangat, dan bukan air panas. Air yang terlalu panas, justru akan berpotensi merusak kandungan madu. Alhasil, madu yang masuk ke dalam tubuh tidak akan memberikan efek apapun.

Baca Juga: Cara Memerahkan Bibir dengan Madu

4. Waktu yang Tepat untuk Minum Madu

Tidak sama seperti orang sehat dan normal lainnya, penderita asam lambung disarankan untuk mengkonsumsi madu di waktu yang tepat. Waktu yang dimaksud adalah beberapa menit sebelum makan dan sebelum tidur.

Dua waktu ini, akan membantu lambung bekerja dengan baik jika diasupi dengan satu sendok teh madu. Asam lambung akan terstabilkan dengan baik. Sehingga tidak akan mudah naik.

5. Menggunakan Anjuran Dokter untuk Kondisi Khusus

Ada beberapa kondisi, yang mana para penderita asam lambung tidak boleh secara sembarangan mengkonsumsi madu. Salah satunya adalah bagi penderita alergi serbuk sari dan lebah. Penderita alergi ini, sebaiknya mengikuti saran dokter terlebih dahulu sebelum mengkonsumsi madu. Jika secara sembarangan mengkonsumsi madu, maka bukan kondisi tubuh bisa semakin buruk.

Beberapa anjuran cara konsumsi madu untuk asam lambung di atas, bisa jadi pelajaran berharga untuk Anda yang mungkin tengah menderita gangguan lambung. Meminum madu memang sebaiknya harus disesuaikan dengan kondisi tubuh. Meskipun madu itu sendiri mengandung zat yang baik bagi kesehatan.

× Info Pemesanan